Sabtu, 19 November 2011

Printer pixma IP 2770 kedip 16 kali : Bagaimana mengatasinya?

Pengalaman ini saya bagikan buat rekan-rekan pengguna printer pixma IP 2770. Saya mengalami kejadian yang sama ketika printer teman saya bermasalah. Begini ceritanya...
Teman saya menyampaikan kepada saya bahwa printernya lampu yang orange berkedip-kedip. Saya mencoba bantu untuk memperbaikinya.Saya menyalakannya dan ternyata berkedip 16 kali. Aneh...biasanya hanya kedip beberapa kali.  Pikiran yang pertama muncul pada benak saya adalah printer tersebut perlu di-reset. Kemudian saya reset dengan cara sebagai berikut :

1. Mematikan printer.
2. Setelah mati, tekan tombol lampu orange tahan, sambil ditahan tekan tombol power dan ditahan juga.
3. Sambil menahan tombol power, lepaskan tombol orange lalu tekan tombol orange 4 kali
4. Setelah 4 kali menekan tombol orange, lalu lepas tombol power dan orange sama-sama.....
5. Lihatlah hasilnya.............printer mati dan harus menunggu lama untuk bisa dinyalakan ( pusing.......)
ternyata SALAH....

Berikutnya (nunggu 12 jam karena listrik padam) saya coba dengan cara berikut :
1. Mematikan printer.
2. Setelah mati, tekan tombol lampu orange tahan, sambil ditahan tekan tombol power dan ditahan juga.
3. Sambil menahan tombol power, lepaskan tombol orange lalu tekan tombol orange 5 kali
4. Setelah 5 kali menekan tombol orange, lalu lepas tombol power dan orange sama-sama.....
5. Lihatlah hasilnya.............reset printer berhasil karena indikasi pada layar PC demikian ...TERNYATA
16 Kedipan muncul lagi....(panas juga hati ini)

Pantang menyerah....!
 1. Saya buka printer saya, saya tukar cartridge (diprinter saya cartridge hitam ada ganjal kertas tisu, pernah masuk bengkel he2...) eh...kok OK...
2. Lalu cartridge hitam punya teman saya ganjal dengan tisu supaya lebih erat kaitnya ....WOOOW BERHASIL......

Kesimpulan :
Printer kedip 16 kali karena cartridge kurang menekan/kencang. Moga2 bermanfaat....






1 komentar:

  1. thanks gan. . sukses besarr. . . ide penghapusx ternyata ajaib . .

    BalasHapus